Kisahnya Menghantui Warga Cikembar, Hutan Cipeuncit Jadi Lokasi Penyembelihan Manusia

Kabupaten Sukabumi – Di bawah kaki bukit di Kampung Sedamukti, RT 06/11 Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, terdapat sebuah kawasan hutan yang dinamai Cipeuncit.

Tidak seperti yang dibayangkan sebuah hutan pada umumnya yang dipenuhi berbagai macam pepohonan serta dihuni hewan buas, Hutan Cipeuncit lebih mendekati ke dalam kategori sebagai hutan rakyat. Pasalnya kawasan tersebut lebih dominan dikelola oleh masyarakat sekitar.

Tidak jauh dari lokasi Hutan Cipeuncit, terdapat sebuah terowongan irigasi peninggalan kolonial Belanda. Karena jarak serta keberadaannya di lokasi tersebut telah ada sejak jaman dahulu, tidak heran jika sebagian warga sekitar menyebut terowongan tersebut sebagai saksi bisu awal mula penamaan Hutan Cipeuncit.

Menurut cerita yang beredar secara turun temurun di kalangan warga Kampung Sedamukti, terowongan sepanjang kurang lebih 100 meter itu dibangun untuk kepentingan pengairan atau irigasi areal persawahan yang membentang di wilayah perkampunga Sedamukti.

Belum diketahui kapan terowongan itu mulai dibangun, namun dari informasi menyebutkan bahwa proses pengerjaan sarana pertanian tersebut rampung dikerjakan pada tahun 1935. Hingga kini saluran irigasi itu masih diandalkan sebagai sumber pengairan sawah oleh para petani.

  Halaman Selanjutnya  >>  

1
2