Selain Suara Gamelan  di Curug Dogdog Sukabumi Juga Sering Muncul Harimau Misterius

Kabupaten Sukabumi – Curug (air terjun) Dogdog yang letaknya berada di atas Curug Cimarinjung, tepatnya di Kampung Mekarsari, Desa/Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi memiliki kisah mistis secara turun temurun. Mulai dari suara alunan gamelan dogdog (alat perkusi tradisional) hingga penampakan wujud harimau yang menyeramkan.

Menurut Jalu, warga setempat, dinamakan curug dogdog berdasarkan cerita sesepuh bahwa di area curug itu pada malam Jumat sering terdengar jelas alunan suara gamelan yang sedang dimainkan.

“Alunan gamelan dogdog terdengar disekitar curug seperti mengiringi sebuah tarian kolosal,” ujarnya mengawali cerita yang sering dialaminya.

Anehnya, kata pria berusia 32 tahun ini,  dari cerita sesepuh setempat, gamelan tersebut benar nyata adanya, namun tidak terlihat para nayaga yang memainkan alat perkusi tradisional ditatar sunda itu.

“Menurut orangtua dulu gamelan itu ada disekitar curug, bahkan kala itu siapapun boleh meminjamnya, tinggal ambil lalu memainkannya,” jelasnya.

Selain cerita suara gamelan yang sarat misteri, Jalu juga menerangkan, disekitar itu kerap terjadi penampakan harimau berukuran besar yang melintasi curug.

“Dulu saat membangun jembatan Cimarinjung, saya suka melihat maung (harimau) yang melintas, maung tersebut hanya melintas saja tidak berhenti. Namun anehnya maung tersebut datang secara tiba-tiba lalu sirna entah kemana,” terangnya.

Reporter: M. Rizal Jalaludin
Editor: Agung Sugiharto