Sosok Noni Belanda Berkebaya Penghuni Kantor PDAM Tirta Mukti Cianjur

ARSITEKTUR kuno peninggalan Belanda yang terletak di beberapa lokasi di Cianjur, menyimpan cerita-cerita sejarah hingga ke mistik. Seperti bangunan tua bekas gudang aspal peninggalan Belanda, yang kini menjadi Kantor Perusaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti Cabang Cianjur, di Jalan Siliwangi, Cianjur.

Meski bangunan tersebut sedikit telah di pugar, namun penunggu mahluk halus berupa Noni Belanda masih menampakan yang cukup membuat bulu kuduk merinding. Reporter Masaginews.com, berhasil mengorek informasi dan penelusuran melalui salah satu penjaga keamanan yang bernama Guntur (37).

Guntur, yang sudah bekerja sejak 2010 tersebut mengungkapkan, dirinya tak pernah merasa diganggu oleh kehadiran makhluk gaib tersebut. Namun, Guntur tak memungkiri sering ada kejadian aneh di area kantor PDAM Tirta mukti.

Kehadirannya mahluk halus tersebut, seperti munculnya sosok noni Belanda berambut pirang menggunakan kebaya lengkap di ruangan depan tempat loket pembayaran yang pernah menampakan pada salah satu office boy, serta suara anak-anak yang sedang bermain di lapangan pada malam hari.

Tak hanya suara, Guntur pun mengaku, pernah terjadi suatu penampakan sosok Pocong di bawah sebuah pohon yang terletak di ujung lapangan. Selain itu, hawa gaib pun sering dirasakan oleh sebagian penjaga kantor tersebut.

“Kejadian aneh ada, seperti orang yang membuka pintu.padahal itu sudah tengah malam, bahkan sudah memasuki pagi sekitar pukul 01.00 WIB. Saat dicari darimana sumber suara, tak nampak siapapun bahkan di ruangan tersebut juga jelas tidak ada orang yang lembur ataupun menginap,” ungkap Guntur.

Selain itu, tepat disebelah kiri kantor, terdapat bangunan peninggalan zaman kolonial Belanda yang hampir berusia ratusan tahun lebih. Bahkan, bangunan tersebut masih alami, meski saat ini masih ditempati sebagai tempat tinggal.

Guntur memaparkan, pernah terjadi kesurupan pada seorang siswa PKL saat sore hari. banyak yang menilai bahwa sosok noni Belanda berasal dari bangunan tua tersebut.

Menurutnya, salah satu office boy yang sering menginap di ruangan tempat loket pembayaran, beberapa kali memimpikan noni Belanda berambut pirang. Bahkan setiap bermimpi didatangi sosok wanita Belanda, office boy itu akan mimpi basah, karena saking terkesima oleh kecantikan noni Belanda yang memakai kebaya lengkap tersebut.

“Ya dulunya tempat ini bekas gudang penyimpanan aspal, dipinggirnya terdapat bangunan tua peninggalan Zaman Belanda. Jadi lumayan angker juga ditambah ada pohon beringin besar yang berada di depan kantor. Bahkan jika tengah malam sering terdengar suara anak-anak bermain di lapangan belakang,” tuturnya.

Meski begitu, bagi Guntur kejadian gaib seperti itu sudah menjadi hal biasa bagi dirinya. Karena menurutnya, kembali lagi pada diri kita yang harus mempunyai energi positif saat akan memasuki suatu ruangan atau tempat yang dirasa cukup mempunyai aura mistis yang kuat. ***