Ular Berkepala Manusia Hingga Sosok Nenek Misterius Kerap Muncul di Pabrik Tjipetir

Irfan Rifaudin
Reporter Sukabumi Utara

Kabupaten Sukabumi– Bangunan bekas pabrik pengolahan karet yang berada di Kampung Cipetir, Desa Cicareuh, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi ini banyak menyimpan cerita misteri. Mulai dari kemunculan makhluk yang menyerupai nenek-nenek hingga jeritan anak-anak kerap terdengar di bangunan peninggalan kolonial Belanda tersebut.

Satu sisi bangunan terdapat beberapa kaca jendela, sementara disisi lain pabrik karet yang disebut Gutta Percha itu tertulis Tjipetir 1885 – 1921. Ejaan lama tersebut mengisyaratkan bangunan ini sudah berdiri sejak akhir abad ke 18.

Masyarakat sekitar mengaku seringkali melihat sosok misterius seperti sosok nenek-nenek yang muncul dibalik kaca jendela pabrik dan bahkan seekor ular berkepala manusia.

Mukna (65), warga Kampung Ciseupan Rt 01/01, Desa Kadununggal Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi juga mengisahkan awal mula dirinya bekerja di pabrik tersebut dan sering mengalami kejadian ganjil. Ia seringkali mendengar suara gemuruh mesin pabrik padahal mesin sudah dalam keadaan dimatikan.

“Banyak pekerja yang mengalami kesurupan yang berakhir dengan terjadi kecelakaan kerja,” ujarnya yang mengaku telah bekerja di tempat tersebut sejak remaja.

Selain itu ia kerap mendengar suara anak kecil disaat suasana sepi dan melihat kemunculan sosok nenek-nenek yang tiba-tiba muncul disebuah gedung di sekitar pabrik.

Kisah serupa juga diungkapkan oleh Sesepuh Penjaga Pabrik, Abah Adin (68) yang mengaku sering menyaksikan insiden kecelakaan kerja hingga meninggal dunia ditempat.

“Pernah terjadi seorang pekerja tergiling mesin hingga tubuhnya hancur. Sementara pekerja lainnya tersengat aliran listrik yang berada di ruang turbin yang didalamnya tersimoan daya 6,3 kilo volt,” kenangnya.

Sejak tahun 1977 pabrik ini mengalami kebangkrutan karena sepi order hingga banyak pekerja tetap yang diberhentikan. Namun hingga kini pabrik masih beroperasi dengan skala kecil dan hanya memproduksi sesuai pesanan saja. Bangunan yang bergaya arsitektur Eropa ini juga dinyatakan sebagai salah satu bangunan bersejarah di Kabupaten Sukabumi. (Gung)