Di Jabar, Petani Dapat Gelontoran Dana Saprodi Rp80 Miliar

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeiman saat memberikan bantuan kepada petani di Sukabumi, Kamis (21/2/2019)
Avatar
Editor

Kabupaten Sukabumi – Presiden RI Joko Widodo kembali memberikan perhatiannya kepada warga Jawa barat, terutama Kabupaten Sukabumi. Kali ini giliran sektor pertanian mendapatkan sentuhan program.

Dana sebesar Rp80 Miliar dikucurkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) untuk membantu para petani dalam pengadaan sarana produksi pertanian atau saprodi.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menerangkan seluruh anggaran tersebut dialokasikan untuk pengadaan bibit, pupuk, mesin traktor, mesin hearing jagung, bibit ayam pedaging/petelur, kambing, sapi dan bantuan lainnya.

“Tahun ini dana bantuannya jauh lebih besar dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar Rp40 Miliar,” jelas Amran disela acara penyerahan dana bantaun saprodi kepada para petani di Pusat Pengembangan Dakwah Islam (Pusbangdai) Cikembang, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (21/2/2019).

Lebih lanjut Amran mengatakan selain memberikan bantaun saprotan, ia juga tengah berupaya mengubah stigma masyarakat agar tidak malu untuk bertani, terutama kaum milenial.

Disebutkan Amran, bertani ini merupakan pekerjaan yang sangat penting karena berkaitan dengan ketahanan pangan nasional.”Negara yang berdaulat adalah negara yang menjaga kestabilan ketahangan pangan,” katanya. (Ton)