Jokowi Targetkan 1.000 BLK Dibangun di Lingkungan Ponpes

Foto : Google.com

Jakarta – Tahun ini pemerintah pusat menargetkan akan membangun 1.000 Balai Latihan Kerja (BLK) di lingkungan pondok pesantren (Ponpes) di seluruh Indonesia.

“Sebentar lagi akan kita mulai pembangunan 1.000 BLK komunitas di pondok-pondok pesantren. Saya sudah perintah kepada Menteri Tenaga Kerja tahun depan kalau 1.000 rampung minimal 3.000 BLK komunitas (dibangun kembali),” ujar Presiden Joko Widodo, belum lama ini.

Pembangunan balai latihan kerja ini merupakan bagian dari upaya pemerintah pusat dalam memperkuat program penguatan ekonomi umat. Jokowi menyebutkan langkah penguatan ekonomi umat tersebut harus berawal dari lingkungan pondok pesantren itu sendiri.

Selain BLK, program yang telah terrealisasi diantaranya pembangunan Bank Wakaf Mikro di 44 ponpes. Ke depannya, akan lebih banyak lagi pondok pesantren yang dihampiri oleh program keumatan ini.

“Memang, pondok pesantren kita ini ada 29.000. Kalau jumlah 44 itu ya belum banyak betul. Tetapi ini yang paling penting sudah kita mulai. Kemudian nanti kita koreksi, kita evaluasi, kurangnya apa, jeleknya apa, enggak benarnya di mana baru dibesarkan,” tutur Jokowi.

Kedepannya pemerintah mengharapkan lebih banyak lagi masukan-masukan para ulama dan santri demi pengembangan kebijakan pemerintah dan kemaslahatan umat itu sendiri.

“Karena sering keluar-masuk di pondok pesantren membuat saya tahu kebijakan apa yang harus kita keluarkan dan kerjakan. Semakin tahu kita keluhan-keluhan dari para santri dan yang mulia para kiai juga menyampaikan kepada saya,” ungkapnya. (Ton)