Mangkrak Sejak 2012, Dermaga Cisolok Sukabumi Ditinjau Menko Kemaritiman

Kabupaten Sukabumi – Pembangunan dermaga Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) di Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, sejak tahun 2012 hingga kini tak kunjung usai.

Kondisi ini menuai respon dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Pandjaitan dengan mendatangi langsung lokasi pada Selasa pagi (19/03) sekira pukul 08.30 WIB.

Kedatangannya tersebut untuk menindaklanjuti laporan dari Ketua Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia (PNTI) Kabupaten Sukabumi, Aji Troy terkait dermaga yang kondisinya terbengkalai sejak lebih dari delapan tahun terakhir.

Luhut mengaku kaget dan prihatin dengan kondisi pembangunan dermaga yang dibiarkan mangkrak sejak 7 tahun lalu. “Saya sedih melihat dermaga yang sejak 2012 lalu tidak juga dikerjakan. Presiden meminta saya untuk meninjau lokasi ini langsung. Ada sekitar 3200 kapal yang setiap hari bersandar disini,” paparnya.

Untuk melanjutkan pembangunan dermaga ini pihaknya telah menyiapkan anggaran senilai Rp141 Milyar. Dana tersebut sudah termasuk pembangunan jalan, empat hektar kolam untuk bersandar. Rencananya pembangunan akan dimulai pada April atau Mei pada tahun ini.

Reporter: M. Rizal Jalaludin
Editor     : Ari Wahyuni