17 Desa di Kabupaten Sukabumi Akan Dapatkan Dana Perbaikan Sanitasi

M Rizal Jalaludin
Reporter Sukabumi Selatan

Kabupaten Sukabumi – Belasan desa di Kabupaten Sukabumi akan mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi untuk perbaikan kualitas sanitasi.

Dana yang bersumber dari APBN tersebut rencananya akan disalurkan ke 17 desa yang ada di Kabupaten Sukabumi untuk membangun Sistem Pengelola Air Limbah Domestik (SPALD).

Kepala Dinas Perkim, Dedi Chardiman mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman serta meminimalisir kemungkinan terjadinya berbagai kesalahan dalam pelaksanaan.

“Ini sangat penting, karena air merupakan sumber penghidupan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan cakupan tata kelola air untuk kehidupan dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya dalam sambutannya, Rabu (24/04).

Selanjutnya ia menegaskan anggaran tersebut nantinya akan didistribusikan pada kelompok swadaya masyarakat (KSM) di masing-masing desa.

Masih di lokasi yang sama, Kepala Bidang Bangunan Dinas Perkim Kabupaten Sukabumi, Dadang Rustandi menjelaskan masing-masing desa akan mendapatkan anggaran dana sebesar Rp450 juta untuk pembangunan SPALD.

“Syukurlah hingga saat ini tidak ada permasalahan tanah yang akan dibangun SPALD. Lalu terkait dana nantinya akan kami salurkan secara bertahap, tahap pertama sekitar 40 persen, lalu dilanjut dengan 30 persen di tahap kedua dan ketiga. Namun dalam pelaksanaannya nanti bisa saja kondisional dengan rincian 25 persen, 45 persen dan 30 persen,” paparnya.

17 desa yang dimaksud diantaranya adalah Desa Citepus, Bojonggaling, Pangkalan, Margalaksana, Bojonglongok, Kutajaya, Panumbangan, Cisitu, Nyalindung, Karanganyar, Mekarmukti, Sukajadi, Cidahu, Sagaranten, Tegalega, Sindangraja, serta Padasenang. (Ari)