260 Rutilahu Di Kota Sukabumi Segera Direnovasi

Kota Sukabumi – Sebanyak 260 unit rumah tidak layak huni (rutilahu) dalam waktu dekat direnovasi melalui program perbaikan rutilahu dari Provinsi Jawa Barat dan bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) dari Menteri Pekerjaan Umum dan Permahan Rakyat (Kemen PUPR).

Kasi Perumahan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PKPP) Kota Sukabumi, Rilda menuturkan renovasi tersebut akan dilaksanakan pada April mendatang.

“Untuk bantuan dari Provinsi Jabar sebanyak 160 unit. Sedangkan dari program BSPS 100 unit,” katanya kepada Masaginews.com, Jumat (22/03).

Bantuan renovasi rutilahu dari Pemprov Jabar tersebar di delapan Kelurahan di Kota Sukabumi seperti Kelurahan Karangtengah, Sriwidari, Cikundul, Cipanengah, Nangeleng, Gedongpanjang, Cibeureum Hilir dan Baros.

Sementara bantuan dari BPSP ada di dua Kelurahan yaitu Kelurahan Karamat dan Karangtengah. Pemkot Sukabumi sebenarnya mengajukan permohonan bantuan untuk renovasi tersebut sebanyak 1.060 unit.

Namun, tidak disetujui semuanya baik dari Pemprov Jabar maupun Kemen PUPR RI. Tetapi dengan adanya bantuan ini bisa mengurangi jumlah rutilahu di Kota Sukabumi yang jumlahnya masih cukup banyak.

Apalagi anggaran untuk perbaikan itu terbatas, sehingga perlu ada bantuan dari pemerintah provinsi maupun pusat serta lembaga lainnya seperti Baznas dalam pengentasan rutilahu.

Reporter: M. Rizky
Editor: AR. Rochman