Benarkah Semua OPD Pemkab Sukabumi Akan Dipusatkan di Palabuhanratu?

M Rizal Jalaludin
Reporter Sukabumi Selatan

Kabupaten Sukabumi – Pemerintah Kabupaten Sukabumi masih berbenah menjadikan Palabuhanratu sebagai pusat pemerintahan. Berangsur beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) boyongan menyusul berpindah ke ibukota kabupaten ini.

Namun hingga 2019 ini belum semua OPD berada di Palabuhanratu, bahkan masih ada yang belum pindah dan tetap berada di bagian utara Sukabumi.

Saat ditemui tim Masaginews.com, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan seluruh kantor OPD yang berada di Utara Sukabumi akan dipindahkan dan akan dibuatkan bangunan baru di Palabuhanratu, tepatnya di Cangehgar atau dekat Gelanggang Olah Raga (GOR) Palabuhanratu.

Marwan menyebutkan, pembangunan sudah dimulai dan Detail Engineering Design (DED) sudah selesai.

“Sudah dimulai. DED nya sudah usai, kalau di lihat dari anggaran, jika tiap tahun anggaran itu terus dikucurkan, dalam tiga tahun anggaran bisa selesai, sementara tahun 2020 stag karena anggarannya dipakai Pemilu yang menyerap anggaran cukup besar, kemungkinan sedikit terhambat,” jelas Marwan setelah menghadiri rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi di Palabuhanratu, Senin (1/4).

Dia menginginkan pembangunannya segera terwujudkan, Palabuhanratu sebagai pusat pemerintahan dan pusat pelayanan, sehingga warga tidak harus bolak-balik dalam mengurus keperluan.

Pemindahan pusat Pemerintahan ini juga bertujuan untuk pemerataan pembangunan di wilayah Selatan, mengingat selama ini pembangunan kebanyakan di wilayah Utara sehingga investor kurang berminat menanamkan investasinya.

“Ditambah lagi Palabuhanratu merupakan titik sentral kawasan Geopark Ciletuh mulai dari Cisolok sampai Pajampangan,” tambahnya.

Benarlah rencananya akan terwujud? Mengingat rencana tersebut sudah bergulir sejak kepindahan ibukota beberapa tahun silam. Kita tunggu realisasi dari orang nomor satu di Pemkab Sukabumi itu. (Ags)