Blanko Kosong, Ribuan KTP Belum Dicetak

Kabupaten Sukabumi – Pembuatan administrasi kependudukan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) masih sulit dikarenakan keterbatasan penyedia blanko. Sehingga, masyarakat bisa mempergunakan terlebih dahulu surat keterangan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kependudukan dan Pencatatan Sipil wilayah Cicurug, Sobari mengatakan bahwa membuat e-KTP saat ini memang agak sedikit sulit, pasalnya blanko dari pusatnya masih terbatas.

“Saya harap masyarakat bisa bersabar, karena blanko e-KTP saat ini masih terbatas, ini juga ada sekitar 4000 e-KTP yang belum tercetak terhitung dari bulan Maret 2019 hingga sekarang,” ungkap Sobari saat ditemui Masaginews.com diruangannya.

Sobari berharap, blanko e-KTP bisa segera didistribusikan, supaya masyarakat yang membuat e-KTP bisa berjalan dengan lancar. ” Saya mohon kepada Mendagri, segera distribusikan blanko e-KTP,” imbuhnya.

Pihaknya mengimbau, untuk sementara masyarakat bisa menggunakan surat keterangan. Surat tersebut juga berlaku untuk berbagai keperluan, seperti membuat SIM, pembuatan ATM, dan lain sebagainya.

Selain itu, kata Sobari masyarakat yang berada di Kabupaten Sukabumi, khususnya di Kecamatan Cicurug, kini pembuatan administrasi kependudukan Kartu Keluarga (KK) bisa dilakukan di Kantor Kecamatan dengan cara menggunakan barcode. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat, mempermudah dan mendekatkan pelayanan.

“Aplikasinya sudah diserahterimakan dari dinas ke Kecamatan masing-masing, jadi masyarakat jika ingin membuat KK bisa langsung datang ke kantor kecamatan,” kata Sobari. (Herwanto)