Bupati Sukabumi : Masyarakat Harus Memahami Makna dan Kandungan dalam Pancasila

Irfan Rifaudin
Reporter Sukabumi Utara

Kabupaten Sukabumi – Bupati Sukabumi Drs H Marwan Hamami mengatakan, bahwa Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan setiap tahun, bukan hanya sebagai seremonial atau wujud dedikasi kepada sang proklamator, namun bagaimana masyarakat kita bisa memahami makna dan kandungan pancasila ini.

“Pancasila harus menjadi dasar negara yang dapat ditransformasikan dalam kehidupan bernegara. Selain itu kita juga harus menghormati pahlawan yang melahirkan Pancasila,” tegas Marwan, saat memberikan sambutan dalam upacara Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni, di Halaman Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Sabtu (01/06/2019).

Dikatakan Marwan, nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila, seperti nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, nilai kerakyatan yang khidmat dan musyawarah, serta nilai keadilan, memiliki makna yang cukup penting dalam kehidupan bernegara.

“Pancasila jangan hanya sekedar disakti-saktikan, namun juga harus menjadi landasan nilai dalam mengimplementasikan kehidupan bernegara,” tuturnya.

Pantauan Masaginews.com, meski sudah memasuki suasana libur Lebaran 2019, namun upacara Hari Kesaktian Pancasila yang di ikuti para PNS, unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kabupaten Sukabumi, TNI dan Polri, serta unsur Organisasi Masyarakat (Ormas), cukup khidmat. (Ricky)