Dishub Kabupaten Sukabumi Larang Warga ke Geopark Ciletuh, Ini Alasannya

M Rizal Jalaludin
Reporter Sukabumi Selatan

Kabupaten Sukabumi- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi, melakukan ramp chek sebelum tanjakan yang ada di jalur Geopark Ciletuh, tepatnya di Tanjakan Puncak Aher, Kecamtan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi kecelakaan lalu lintas (Laka lantas).

Seperti diketahui, jalur Puncak Aher merupakan salah satu jalur yang dipakai arus balik wisatawan yang sudah berlibur di tempat wisata Geopark Ciletuh.

Satu peraatu kendaraan diberhentikan Tim Penguji Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Kabupaten Sukabumi, untuk dilakukan pengecekan. Pengujian itu dilakukan terhadap semua jenis kendaraan yang akan melalui jalan tanjakan Puncak Aher yang memiliki kecuraman yang cukup ekstrem serta berkelok-kelok.

“Ramp chek dilakukan untuk antsipasi kendaraan yang tidak laik dan tidak kuat melintasi tanjakan Puncak Aher,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi Lukman Sudrajat kepada Masaginews.com. Sabtu (8/6/2019).

Lanjut Lukman, apabila kedapatan kendaraan yang tidak laik jalan, maka tidak diperbolehkan melintasi Tanjakan Puncak Aher. Karena dikhawatirkan kendaraan mogok yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Selain dilakukan sebelum Tanjakan Puncak Aher, sambung Lukman, pihaknya juga melakukan ramp chek di tempat wisata Geopark Ciletuh sebelum pengunjuk beranjak pulang.

“Selain membantu Polisi dalam pengaturan lalu lintas, kita juga melakukan rampchek di jalur wisata agar kendaraan yang diperkenankan laik jalan,” pungkasnya. (Ricky)