Gelar Diklat Kepenulisan, Para Pengajar di Sukabumi Dibekali Skill Penulisan Buku Ajar

Kota Sukabumi – Puluhan pengajar SD hingga perguruan tinggi dan mahasiswa di Kota Sukabumi mengikuti diklat penulisan buku ajar di Ponpes Dzikir Al-Fath di Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi pada Minggu (24/03).

Dalam kegiatan ini, Pimpinan Ponpes Al-Fath, K.H Fajar Laksana sengaja mengundang praktisi dari Pengurus Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) untuk memberikan pembekalan terkait penulisan yang baik agar buku yang terbit dapat laku di pasaran.

“Kegiatan ini bertujuan agar para pengajar bisa meningkatkan skill dalam pembuatan buku ajar. Dengan begitu para pengajar lebih profesional karena memiliki kerangka pikir dan standar ilmiah yang sesuai dengan materi kurikulum atau silabus yang ditetapkan pemerintah,” paparnya.

Tak hanya itu, dengan mengundang praktisi di bidang penerbitan pihaknya juga memberi pembekalan agar penulis bisa melahirkan karya yang sesuai dengan ciri khasnya namun tetap laris manis di pasaran. Ia berharap melalui diklat ini akan lahir penulis-penulis hebat yang mampu berkiprah di tingkat Nasional maupun Internasional.

Sementara itu, salah seorang praktisi IKAPI, Dani Khamdani mengatakan dengan menggunakan buku hasil karya pribadi, para pengajar bisa menyesuaikannya dengan kondisi sekolah dan para siswanya masing-masing.

“Sebetulnya kemampuan para pengajar sudah ada, tinggal didorong agar lebih percaya diri menuangkannya sebagai karya. Untuk menggali potensi tersebut, agaknya para penerbit harus menjemput bola karena kepedulian pemerintah mengenai hal ini masih minim,” jelasnya.

Untuk itu pihaknya berupaya mendorong para pengajar untuk mengembangkan potensinya dalam bidang kepenulisan. Salah satu hal terpenting yang ditekankannya dalam penulisan sebuah buku adalah judul yang merupakan roh dari buku tersebut. Karena melalui judul bisa menentukan persepsi masyarakat dan pemasaran buku tersebut.

Di Sukabumi, ada seorang penulis hebat yakni K.H Munandi Saleh melalui karyanya melahirkan buku biografi K.H Ahmad Sanusi. Buku tersebut bahkan pernah dijadikan kado istimewa dari Pemerintah untuk salah satu Kedutaan Besar Negara tetangga.

Sejauh ini pihaknya sudah merilis 12 judul buku dari para penulis Sukabumi yang akan diluncurkan secara nasional. Ia berharap selanjutnya akan lahir lagi penulis-penulis hebat dari Sukabumi yang menelurkan karya besar lainnya.

Reporter: M. Rizky
Editor: Ari Wahyuni