Guard rail di Palabuhanratu Rusak, Siapa yang Bertanggungjawab?

M Rizal Jalaludin
Reporter Sukabumi Selatan

Kabupaten Sukabumi – Jelang libur hari raya Idul Fitri 1440 H / 2019 M, Guard rail di sepanjang Jalan Cikeong Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, rusak. Bahkan, sejumlah Guard rail yang ada tak berbaut.

Sekedar siketahui, Guard rail atau besi penahan tersebut harus dengan kondisi baik. Pasalnya Guard rail berfungsi sebagai pagar pada jalan-jalan yang berbahaya seperti jalan bebas hambatan (Toll) pegunungan, sungai, jurang dan lain-lain. Fungsinya adalah sebagai pelindung agar kendaraan yang melewatinya terlindungi dari terjatuh ke sungai atau jurang.

Terlebih, mendekati libur lebaran Jalan Cikeong tersebut sering digunakan sebagai jalur alternatif dari arah Citepus menuju Bogor yang melintasi jalur Cikidang.

Dari pantauan Masaginews.com, Guard rail tersebut dipasang sejak tahun 2013 dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Diskominfosan yang tertulis di Guard rail.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Lukman Sudrajat mengatakan, pihaknya akan melakukan pengecekan terhadap bidang yang menangani hal tersebut.

“Coba akan saya cek ke bidangnya maklumm ini masih dalam perjalanan,” ucap dia, saat dikonfirmasi melalui aplikasi pesan singkat.

Disinggung soal siapa yang berkewajiban untuk memperbaiki, Lukman mengaku, dirinya belum mengetahui siapa yang berhak atas keberadaan atau pengadaan serta perawatan Guard rail tersebut, dia mengaku, akan melakukan pengecekan terlebih dulu. Dia berdalih, belum mengetahui karena masih baru menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi.

“Saya belum mengetahui itu kewenangannya Kabupaten atau Provinsi, soalnya kan saya baru disini,” kata dia.

Sementara, Operator UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan (P3) LLAJ Wilayah I Terminal Type B Palabuhanratu Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Asep Setiawan menegaskan, bahwa Guard rail tersebut bukan kewenangan Dishub Provinsi.

“Itu jalan Kabupaten, kewenangannya ada di Kabupaten,” imbuhnya.

Sampai saat ini, terlihat Guard rail tersebut masih belum terpasang baut, kejadian tersebut tentu membahayakan pengendara apabila terjadi kecelakaan, terlebih di jalan itu terdapat jurang. (Ricky)