Ikut Mudik Gratis, Ratusan Warga Sukabumi Pulang Kampung

M Rizky
Reporter Kota Sukabumi

Kota Sukabumi – Ratusan pemudik asal Kabupaten dan Kota Sukabumi ikut mudik gratis yang di selenggarakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung. Mereka akan menuju kampung halamannya dengan menggunakan 17 bus.

“Tahun ini ada 17 bus yang di siapkan, 15 bus dari Pemerintah Provinsi, satu bus dari Kota Sukabumi, dan satu bus dari Damri, dengan jumlah penumpang 748 jiwa,” ujarnya Walikota Sukabumi,Achmad Fahmi, usai seremonial keberangkatan bus mudik gratis, di Kantor Dishub Kota Sukabumi, Sabtu (01/06/19).

Lanjut Fachmi, kampung halaman yang paling banyak di tuju oleh para peserta mudik gratis, yaitu ke Jawa Tengah dan sekitarnya.

“Peserta datang dari Kota dan Kabupaten Sukabumi. Ada yang berangkat ke jalur Solo, Wonogiri, dan ada juga ke jalur Jogjakarta dan sekitarnya,” terangnya.

Sementara, Kepala UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan Laut, Dishub Provinsi Jawa Barat, Idit Gunawan, setiap tahunnya agenda mudik gratis selalu mengalami peningkatan.

“Tiap tahun itu selalu meningkat, baik dari sisi jumlah armada, maupun juga dari sisi kualitas bus. Tahun sekarang dari sisi bus nya juga ada peningkatan, jadi lebih bagus dan itu berusaha untuk meningkatkan APBD juga, supaya permintaan mudik gratis semakin meningkat,” ujarnya.

Dia menambahkan, sebanyak 90 armada bus yang di bagi di beberapa kota yang berada di Jawa Barat, yang disediakan untuk mudik gratis pada tahun ini.

“Kota Sukabumi 15, Bogor 10, Bekasi 40, dan Kota Bandung 45. Kemudian di tambah dari Jasa Raharja 10 bus dan disini di tambah juga dari Damri 1 dan Kota Sukabumi 1,” pungkasnya.

Pantauan Masaginews.com, atusan pemudik datang dari sudut kota maupun Kabupaten Sukabumi. Satu per satu mereka memasuki bus yang telah disediakan.

Berbagai macam barang bawaan yang dibawa pemudik, mulai dari tas, koper, dus dan lainnya. Tidak ketinggalan, pemudik pun membawa anak-anaknya, mereka antusias dan senang saat bus yang dinaikinya terlihat nyaman. (Ricky)