Mahasiswa UPI Bidik Pengembangan Wisata Geopark Palabuhanratu

Masaginews.com – Pembangunan sektor pariwisata tidak hanya dari aspek pegembangan infrastruktur saja, justru aspek pengembangan pemberdayaan masyarakat yang lebih penting. Hal itu dikatakan Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) saat menjadi pembicara pada Temu Wicara Pembangunan Kepariwisataan di Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan ini diadakan oleh Program studi (Prodi) Manajemen Resort & Leisur Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Dr. Darsiharjo, di Hotel Inna Samudra Beach, Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi. Senin (23/04).

Dijelaskannya, manajemen and Leisure UPI ini merupakan program studi (prodi) yang mengelola, merancang dan mengembangkan destinasi wisata dan memilih kawasan Teluk Palabuhanratu sebagai tempat observasi. “Cocok sekali mahasiswa kami mengadakan observasi di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini yang sudah dapat pengakuan dan ditetapkan oleh Unesco,” ujar dosen pembimbing itu.

Dia menyebutkan. mahasisiwanya yang berjumlah 83 saat ini tengah mempraktekkan ilmu yang telah diperoleh dan melihat secara langsung kondisi sesungguhnya di lapangan. “Praktikum ini sebagai mata kuliah terpadu dari mata kuliah geografi pariwisata. Hidrologi pariwisata, lingkungan dan konsep resort juga prasarana,” beber guru besar ini.

Lebih jauh dia berpesan kepada mahasiswanya, bahwa Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini konsep pengembangannya jangan sampai keliru merobah tatanan dan struktur alam dengan memertahankan dan lestarikan aspek originalitasnya.

Dia juga meminta dukungan dan kerjasama kepada pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu sehingga mahasiswanya bisa berkontribusi dalam sektor pariwisata.

DalamĀ  temu wicara ini menampilkan pembicara dari Dinas Kepariwisataan Kabupaten Sukabumi yang diwakili okeh Kepala Bidang Promosi, Ekonomi Kreatif dan Hak Intelektual Asep Ruswanda. Tokoh Pariwisata Sukabumi H. Fadang Hendar dan Kepala Seksi Sampraswil Kecamatan Ciemas Iwan. Masing-masingĀ  menjelaskan tentang latar belakang, kondisi serta prospek dan kendala kepariwisataan di Kabupaten Sukabumi. (Agung S)