Pangkas KKN, PN Cibadak Terapkan Zona Integritas di Lembaganya

Kabupaten Sukabumi – Pengadilan Negeri (PN) Cibadak melakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sebagai upaya memberantas korupsi di lembaganya.

Wakil ketua PN Cibadak Mateus Sukusno Aji mengatakan, pencanangan ini berawal dari program reformasi birokrasi yang digagas oleh Mahkamah Agung dalam blue print. Kemudian program tersebut diturunkan ke setiap PN.

“Dari reformasi birokrasi yang dilaksanakan oleh PN ini menuju ke pencanangan pembangunan zona integritas,” ujarnya kepada awak media di gedung PN Cibadak di Palabuhanratu. Senin (11/3).

Mateus menekankan, ada delapan area yang menjadi sasaran, antara lain perubahan perilaku, perbaikan pelayanan dan tata pelaksanaan.

“Di PN ini kita sudah melaksanakan program unggulan, pertama Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), jadi dulu kalau orang mau meminta surat keterangan dan informasi atau daftar perkara harus ke bagiannya masing-masing, namun sekarang langsung ke PTSP,” jelasnya.

Dia menegaskan, dibentuknya zona integritas tersebut untuk memangkas adanya kegiatan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) di PN Cibadak Kelas I.B salah satunya program PTSP.

“Salah satu tujuan zona integritas adalah memangkas adanya KKN, setelah adanya PTSP tidak boleh lagi berhubungan langsung di ruangan yang dituju. Program ini diadakan setiap tahun dan untuk evaluasi pencanangan sendiri setiap satu bulan sekali. Dengan pencanangan ini target 100 persen berhasil,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono menyambut baik dengan dicanangkannya zona integritas di PN Cibadak Kelas I.B pada. Dirinya juga mengatakan Pemkab sudah melakukannya untuk pembangunan zona integritas.

“Tentu kita menyambut baik dicanangkannya zona integritas di PN Cibadak ini. Pemda sudah melakukan upaya untuk pembangunan zona integritas ini, mudah-mudahan nanti ada yang diterapkan menjadi wilayah yang bebas korupsi dan juga wilayah birokrasi bersih dan melayani. Semua diharapkan bisa membantu sehingga sukses program zona integritasnya,” bebernya.

Wabup juga menegaskan, PN dengan Pemkab bisa saling mendukung, dan yang lain menghargai bahwa ini merupakan wilayah bebas korupsi.

“Untuk kolaborasinya kita sama-sama saling mendukung supaya yang lain menghargai bahwa ini wilayah bebas korupsi. Agar tidak ada neko-neko, tidak ada intimidasi, tidak ada iming-iming dan lain sebagainya serta tidak ada intervensi dari pihak lain,” tandasnya.

Reporter: M. Rizal Jalaludin
Editor: Agung Sugiharto