Pemda Tegaskan Penertiban PKL di Cibadak

Kabupaten Sukabumi – Para pedagang kaki lima yang berada di sepanjang jalan Sukabumi-Bogor, tepatnya di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak akan segera ditertibkan.

Selama dua pekan kedepan Satpol PP setempat akan terus melakukan patroli untuk memastikan para pedagang tidak melanggar aturan yang telah disepakati sebelumnya.

Mantri Pol PP Kecamatan Cibadak, Deni Koesnadi mengatakan sebelumnya pihaknya telah mengadakan sosialisi terkait penertiban yang akan dilakukan ini bersama Muspika Cibadak dan Paguyuban Pedagang Kaki Lima Cibadak Indah (Padakacida).

Bahkan surat teguran sudah dilayangkan pada semua PKL yang ada di wilayah Leuwigoong hingga Pamuruyan untuk berdagang dengan tertib tanpa mengganggu lalu lintas.

“Dalam pertemuan sebelumnya sudah disepakati beberapa poin. Diantaranya para PKL tidak boleh menggunakan bahu jalan dan trotoar dari pukul 05.00 hingga 15.00 WIB dan pedagang harus menggunakan gerobak beroda (tidak statis),” jelasnya.

Selanjutnya pihaknya akan melakukan penataan dan penertiban kawasan Cibadak menuju Kawasan Tertib Lalu Lintas.

“Untuk eksekusi penertiban PKL dan lahan parkir nanti akan dilakukan pada 4 Maret mendatang. Dibantu dengan petugas gabungan dari Pol PP, Dishub, TNI, Polri dan perwakilan dari Padakacida,” imbuhnya.

Wawan (52) salah seorang PKL yang berada di kawasan pertokoan Labora Cibadak mengaku dirinya sudah mengetahui tentang rencana penertiban tersebut. Ia juga mengaku selalu siap sebab selama ini selalu mengikuti arahan dari Pemda setempat.

“Setiap ganti Camat selalu ada penertiban, sudah biasa. Namun hingga saat ini tidak ada perubahan yang berarti. Jika ada solusi yang lebih baik seperti relokasi, asalkan lokasinya strategis pasti kita ikuti,” tandasnya.

Reporter: Irfan Rifaudin
Redaktur: Ari Wahyuni