Perkantoran Pemkab Sukabumi Tak Tercantum di KTR, Ini Tanggapan DPRD

M Rizal Jalaludin
Reporter Sukabumi Selatan

Kabupaten Sukabumi – Kawasan perkantoran Pemda Kabupaten Sukabumi tidak tercantum dalam Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang telah disahkan dalam Perda oleh DPRD Kabupaten Sukabumi sebulan lalu.

KTR mencakup kawasan pendidikan, tempat ibadah dan tempat kesehatan. Tidak ada toleransi bagi siapapun yang melanggar aturan tersebut baik itu ASN maupun masyarakat umum.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Agus Mulyadi mengatakan tidak tercantumnya kawasan perkantoran Pemda tersebut belum masuk substansi karena harus berasaskan naskah akademis.

“Nanti naskah akademisnya akan kita buka seperti apa dasar-dasarnya, latar belakangnya tentu semuanya akan dibahas. Jadi saya tidak mau melampaui dulu karena pansusnya belum bekerja dan substansinya belum dibahas,” jelasnya saat dihubungi melalui pesan singkat.

Sementara itu, panitia khusus 17 yang mengolah Raperda KTR, Asep Haryanto mengatakan dalam program KTR ini, pemimpin sektornya ada di Dinas Kesehatan dan Satpol PP sebagai pengawas dan penindak pihak yang melakukan pelanggaran.

“Perda KTR ini tidak bisa begitu saja diterapkan karena butuh waktu hingga dua tahun sebelum Perda tersebut benar-benar efektif dijalankan. Butuh waktu persiapan seperti sosialisasi pembuatan smoking area dan hal-hal lainnya,” pungkasnya. (Ari)