Selasa, Agustus 21, 2018
Home > Otonomi > Pencari Kerja di Kota Sukabumi Mulai Berburu CPNS

Pencari Kerja di Kota Sukabumi Mulai Berburu CPNS

Masaginews.com – Dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, jumlah pencari kerja di Kota Sukabumi membludak hingga mencapai 1.008 orang. Angka ini berdasarkan jumlah pengajuan pembuatan kartu kuning tanda pencari kerja pada dinas tenaga kerja (Disnaker) setempat.

Dari jumlah tersebut, tidak sedikit diantara mereka tengah mengicar adanya peluang perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hal tersebut terjadi setelah tersiarnya pemberitaan yang menyebutkan pada tahun ini Pemda Kota Sukabumi tengah mengajukan formasi CPNS sebanyak 100 orang kepada pemerintah pusat.

“Lapangan pekerjaan yang paling banyak membutuhkan tenaga kerja baru terjadi di sektor industri. Hanya saja tidak sedikit dari para pencari kerja ini lebih berminat untuk mengikuti test CPNS. Kami mendata sejauh ini sudah ada 33 orang yang menanyakan soal CPNS,” kata Kepala Seksi Penempatan Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi, Mohamad Sini.

Dijelaskannya lebih jauh, berdasarkan data yang ada dari 1008 orang pencari kerja ini, lebih didominasi oleh lulusan SMA yakni sebanyak 637 orang. Sementara pencari kerja dari jenjang pendidikan sarjana berjumlah 102 orang. Pencari kerja dengan latar pendidikan lulusan SD sebanyak 25 dan 184 orang pencari kerja lainnya merupakan lulusan pendidikan setingkat SMP.

Mohamad Sini mengutarakan dibandingkan tahun sebelumnya jumlah pencari kerja di tahun 2018 ini mengalami lonjakan yang signifikan. Hanya dalam kurun waktun tiga bulan terdapat 1008 orang mengajukan kartu kuning sebagai syarat mencari pekerjaan. Padahal ditahun 2017 silam di priode yang sama yakni Januari hingga Maret 2017, jumlah pencari kerja hanya berjumlah 984 orang.

Terjadinya peningkatan jumlah pembuat kartu kuning ini dipengaruhi oleh kebijakan nasional. Pada tahun ini Disnakertrans Kota Sukabumi tidak hanya melayani pencari kerja asal wilayahnya saja, tetapi juga para pencari kerja dari Kabupaten Sukabumi.

“Pemicu lainnya adalah ketidak-seimbangan antara jumlah lulusan dan lapangan pekerjaan yang tersedia,” ungkap Mohamad Sini, belum lama ini. Meski terjadi lonjakan namun dari jumlah 1.008 orang pencari kerja di tahun ini, sebanyak 510 orang atau sebanyak 50,60 persen sudah ditempatkan. Sementara 498 orang lainnya belum mendapatkan pekerjaan.

Dia menduga lonjakan jumlah pencari kerja ini akan terus mengalami mengalami peningkatan yang cukup signifikan, setelah kelulusan sekolah tahun 2018, tepatnya setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah. (*)

REKOMENDASI:

Soal Perda Miras, Bupati Marwan Terkesan Plin Plan Masaginews.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami memberi sinyal untuk membuat lokalisasi khusus boleh mengonsumsi minuman beralkohol (mihol) di kawasan wisata Kabupaten Sukabumi. Lokasi ini menurutnya, diperuntukan khusus...
Bantah Deadlock, Demokrat Kota Sukabumi Ajukan Henry Slamet Jabat Sekr... Masaginews.com - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Sukabumi sudah mengajukan nama Henry Slamet untuk menduduki posisi Sekretaris ke DPP Partai Demokrat. Munculnya Henry Slamet sebagai kandidat kuat mene...
Ratusan Warga Serbu Pos Lantas Polres Sukabumi Reportase : Edo Supriadi Masaginews.com - Ratusan warga Kecamatan Palabuhanratu serta para pengguna jalan pagi tadi mendatangi Pos Pelayan Terpadu Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas Polres Sukabumi yang berada di Jalan...
Gawat! Orang Gila Jadi Pemilih di Pilkada Kota Sukabumi Masaginwews.com - Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi mencakup juga pemilih Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ). Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Kota Sukabumi, Ham...
Ditargetkan Selesai 2019, Pusat Kucurkan Anggaran Ratusan Miliar untuk... Maaaginews.com - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan Pelabuhan Laut Pengumpan Regional Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi selesai awal tahun 2019. Budi meminta Dinas Perhubungan dan Dinas P...