Astaga, Ubur-ubur Beracun Intai Wisatawan di Laut Sukabumi

Kabupaten Sukabumi – Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu memberikan peringatan kepada wisatawan agar hati-hati bila berenang di pantai. Pasalnya, ditemukan penampakan ubur-ubur di Pantai Karangpapak yang berdekatan dengan lokasi wisata Karanghawu, Cisolok, Sukabumi.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Operasional dan SDM Balawista Kabupaten Sukabumi, Asep Edom. Kata dia, pihak Balawista telah menemukan ubur-ubur yang mati di pinggiran pantai Karangpapak.

Namun, saat diperiksa ubur-ubur tersebut, bahkan sampai ke tengah lautan makin banyak. Dikhawatirkan akan mengancam wisatawan yang berenang di sekitar lokasi.

“Dikira hanya di pinggir pantai, namun saat di cek ke tengah ternyata ubur-ubur itu banyak,” terangnya.

Mendapati hal itu, kata Asep, petugas di pos tersebut kemudian mengabarkan ke sekretariat dan langsung meminta wisatawan untuk keluar dari air. Dikhawatirkan wisatawan yang berenang terkena.

Kemungkinan kata Asep, ubur-ubur tersebut terbawa ke pantai saat air laut tengah pasang dan ketika surut terdampar di pasir pantai. Selain itu, lanjut dia, kedatangannya seiring dengan kondisi air yang dingin dan pengaruh arah angin.

“Sejauh ini angin masih mengarah ke Barat atau sekitar Karanghawu, tapi bisa saja nanti malam berubah. Ubur-ubur ini berdatangan seiring dengan situasi air laut yang dingin,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau, wisatawan harus berhati-hati jika berenang di pantai. Selain itu, pihak Balawista juga telah meningkatkan pengamanan, khawatir ada pengunjung yang tersengat mengingat kunjungan wisatawan saat ini membludak.

Jika ada wisatawan yang menemukan ubur-ubur si pantai, terang dia, agar jangan langsung dipegang oleh tangan tanpa adanya alat pelindung seperti sarung tangan. Kemudian jika tersengat lukanya jangan diusap karena bisa mempercepat penyebaran racun.

“Kalau ada wisatawan atau warga yang tersengat untuk segera melapor kepada kami atau petugas medis terdekat,” katanya.

Meski belum ada laporan adanya wisatawan atau warga yang tersengat ubur-ubur, namun pihaknya memberikan imbauan agar berhati-hati dan tidak memainkannya serta menjauhi lokasi yang ada ubur-uburnya. (Ricky)