Berniat Membakar Sampah, Rumah Warga Simpenan Ini Justru Terbakar

Kabupaten Sukabumi – Niat hati membakar tumpukan sampah justru malah membawa malapetaka bagi Kusuma Jaya (48). Warga Kampung Citaringgul RT 03 RW 01, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi ini harus kehilangan rumahnya lantaran terbakar oleh api yang merambat dari tumpukan sampah yang dibakarnya pada Jumat (23/08) sekira pukul 15.00 WIB.

Ia tak menyangka peristiwa naas tersebut menimpanya hingga membakar habis rumahnya yang kini hanya tersisa puing-puing bangunan saja. Namun beruntung ia berhasil menyelamatkan diri dari kobaran api yang semakin membesar.

Sementara itu, api baru berhasil dipadamkan sekira pukul 18.00 WIB setelah dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Relawan BPBD Kecamatan Simpenan, Yayan Bastiar mengatakan atas peristiwa tersebut kerugian yang ditaksir mencapai Rp150 juta.

“Syukurlah tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja saat ini dibutuhkan bantuan berupa bahan material bangunan dan sembako untuk korban yang rumahnya terbakar,” jelasnya.

Dengan adanya peristiwa ini, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah di sembarang tempat. Usahakan agar jaraknya jauh dari pemukiman warga agar tidak membahayakan.

Hingga saat ini Kusuma Jaya masih sangat syok dengan kejadian tersebut dan belum bisa dimintai keterangan. Namun untuk sementara waktu ia dan keluarganya mengungsi di rumah kerabatnya. (M. Rizal Jalaludin)