Brukk, Truk Fuso Hantam Ruko, Tiga Penghuni Meninggal

Kabupaten Cianjur – Tiga dari lima orang warga Kampung Gekbrong, Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, meninggal ditempat, setelah truk fuso diduga melebihi muatan menabrak rumah di Jalan Raya Sukabumi, Selasa (17/12/2019) malam. Sementara, dua lainnya mengalami luka ringan.

Ke tiga korban meninggal, yakni Abunawas alias Ase (52), Muhammad Sueb (7) dan Muhammad Haedar (4). Sementara, korban luka Dede Marni (25) dan Amelia (1).

Informasi yang dihimpun, Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 22.30 WIB. Saat itu, truk fuso bermuatan pasir nopol B 9995 BYV yang dikemudikan Dendi Sehabudin alias Bedon (21) warga Kampung Cimanggu RT 01/03, Desa Titisan, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi melaju dari arah Cianjur menuju Sukabumi.

Tepat di jalan menanjak, truk diduga kelebihan muatan sehingga laju truk berhenti. Tidak lama kemudian, truk bergerak mundur dan menabrak sebuah ruko di belakangnya.

“Truknya memang sudah melaju lambat dari arah Cianjur, karena kondisi truk penuh muatan pasir dan jalan menanjak. Tapi di tengah tanjakan, truk sepertinya tidak kuat lagi maju dan kemudian bergerak mundur. Rem tangan juga sepertinya tidak berfungsi hingga akhirnya menabrak ruko,” ujar Rendy (36) salah seorang warga.

Menurutnya, di dalam ruko ditempati satu keluarga, terdiri dari lima orang.

Kasat lantas Polres Cianjur, AKP Ricky Adipratama, mengatakan, total korban meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut berjumlah tiga orang, dan dua selamat.

Berdasarkan pantauan, proses evakuasi berlangsung alot. Bahkan korban terakhir baru bisa dievakuasi pada Rabu (18/12/2019) pagi.

“Korban meninggal sudah berhasil dievakuasi seluruhnya. Sedangkan untuk korban selamat hanya mengalami luka ringan meskipun sempat tertimbun bagian bangunan yang runtuh akibat terhantam truk,” ucapnya.

Menurutnya, kecelakaan itu diduga terjadi akibat sopir truk yang tidak memperhatikan beban muatan. Sehingga truk tidak bisa melalui jalanan menanjak.

“Terkait kemungkinan juga terjadi remblong, kami masih dalami. Sopir truk sudah diamankan dan sedang dimintai keterangan. Kami juga memeriksa beberapa orang saksi untuk menetapkan penyebab pasti kecelakaan tersebut,” tuturnya. ***