Dua Kali Tergerus Longsor, Rumah Milik Pasangan Lansia Roboh

Kota Sukabumi – Sebuah rumah milik pasangan lanjut usia (lansia) di Kampung Ciseureuh Rt 01/04, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunung Puyuh , Kota Sukabumi, rusak berat setelah tergerus longsor sebanyak dua kali, Rabu (01/01/2020) sekitar pukul 11.30 WIB.

“Betul, rumah tersebut didiami Oib (72) dan istrinya Juansah,” ujar Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami.

Kejadian yang menimpa rumah lansia tersebut terjadi dua kali, pertama terjadi pada Selasa (31/12/2019) sekitar pukul 22.30 WIB, saat itu belum begitu besar dampaknya. Namun, pada Rabu (01/01/2020) sekitar pukul dari 11.30 WIB terjadi susulan akibat dari luapan air sungai dati irigasi pesawahan.

“Kerusakan terjadi pada ruangan tempat tidur dengan ukuran 3 x 4 meter. Kerugian akibat kejadian tersebut diperkirakan mencapai sekitar Rp 15 juta,” jelasnya.

Kata Zul, saat ini petugas gabungan melakukan membersihkan puing material dan membersihkan aliran sungai agar lancar kembali.

“Kami telah mengimbau keluarga tersebut mengungsi dahulu, karena ada retakan sekitar rumah yang ditakutkan mengakibatkan longsor susulan,” pungkasnya. ***