Gempa Berpotensi Tsunami Gegerkan Warga Sukabumi

Kabupaten Sukabumi – Belum genap seminggu peristiwa gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,2 yang beberapa hari lalu sempat membuat warga Sukabumi panik, gempa susulan terjadi lagi bahkan berkekuatan lebih besar yakni Magnitudo 7,4 hingga menggegerkan warga Sukabumi dan sekitarnya.

Gempa yang terjadi pada Jumat (02/08) sekira pukul 19.03 WIB tersebut berpusat di 147km arah baratdaya Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Tepatnya di titik koordinat 7.54 Lintang Selatan dan 104.58 Bujur Timur dengan kedalaman 10km.

Melalui laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan pula beberapa wilayah dengan status peringatannya. Salah satunya adalah Ujunggenteng, Sukabumi dengan status peringatan waspada.

Sementara itu beberapa warga di Kampung Marinjung Tengah, Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi juga merasakan guncangan gempa yang cukup besar hingga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Hal serupa juga dilakukan oleh warga Ciseureuh, Kelurahan Karangtengah,Kota Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Siti Sarah Fauziyah (24) mengaku kaget dengan guncangan gempa yang sangat besar hingga menjatuhkan beberapa perabotan rumahtangga miliknya.

“Sangat kaget karena belum lama ini juga ada gempa tapi tidak sebesar ini. Apalagi beberapa menit setelah gempa terjadi di daerah kami mati listrik,” jelasnya kepada Masaginews.com.

Selain terus berwaspada pihaknya juga menunggu perintah resmi dari pemerintah setempat tentang apa yang harus dilakukan terkait gempa yang berpotensi tsunami tersebut. (M. Rizal Jalaludin)