Keracunan Masal, Ratusan Warga Nagrak Sukabumi Dirawat

Kabupaten Sukabumi – Ratusan warga Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, menjalani perawan secara intensif di puskesmas dan beberapa Rumah Sakit. Diduga, warga mengalami keracunan setelah menyantap sajian di acara Muludan pada, Sabtu (14/12/2019) malam.

Informasi yang dihimpun, warga yang mengalami keracunan di dua kampung, yakni Kampung Barujagong RT 04/10 Desa Cisarua dan Kampung Sinagarkolot RT 01/08 Desa Nagrak Utara.

Dari jumlah korban keracunan sebanyak 121 orang, 41 orang di antaranya dirujuk ke RS Sekarwangi, satu orang di rujuk ke RS Kartika Cibadak, dan 15 orang masih menjalani perawatan di Puskesmas Nagrak.

“Sementara 64 orang lainnya sudah dipulangkan ke rumah masing-masing. Nmun, kami tetap melakukan pemantauan,” kata Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Harun Al-Rasyid.

Saat ini, kata dia petugas tengah melakukan penyelidikan epidemologis dan investigasi lapangan. Selain itu, melakukan koordinasi lintas sektor.

“Kita juga mendirikan posko. Kita juga berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan,” ujar Harun.

Harun menambahkan, saat ini kondisi para korban keracunan sudah dapat tertangani dengan baik. “Seluruh pengobatan dan tindakan medis keracunan massal ini ditanggung seluruhnya oleh pemerintah daerah,” pungkasnya. ***