Khawatir Adanya Tsunami, Warga Citepus Mulai Mengungsi

Kabupaten Sukabumi – Gempa berkekuatan Magnitudo 7,4 yang berpusat di Kecamatan Sumber, Kabupaten Pandeglang, Banten terasa cukup kencang hingga membuat warga sekitar Pantai Citepus, Kecamatan Palabuhanratu geger.

Meskipun gempa terjadi pada Jumat (02/08) malam, namun warga sekitar Pantai Citepus memutuskan untuk mengungsi demi menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi. Wahdah (19), warga setempat mengaku hampir seluruh warga Citepus panik dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri saat gempa terjadi.

“Semua warga panik, saya dan warga yang lain memutuskan untuk mengungsi ke Kampung Neglasari dan Cilisung karena sepertinya lebih aman karena kampung tersebut berada di ketinggian,” jelasnya dengan nafas memburu saat ditemui Masaginews.com.

Kepanikan yang dialami warga rupanya berawal dari sebuah informasi yang belum diketahui sumbernya mengatakan bahwa air laut sudah surut sekitar lima meter. Hal tersebut sontak membuat warga geger karena khawatir terjadi bencana tsunami.

Sementara itu, melalui informasi yang disebarkan di media sosial resmi milik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan beberapa wilayah dengan status peringatannya. Untuk wilayah Sukabumi, khususnya Ujunggenteng tertulis peringatan waspada.

Dengan status peringatan tersebut, pihak BMKG mengimbau masyarakat untuk memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai. (M. Rizal Jalaludin)