Pergerakan Tanah, Rumah Warga di Cimareme Nyaris Roboh

Kabupaten Sukabumi – Pergerakan tanah yang terjadi di Kampung Cimareme, Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi terus terjadi. Bahkan, sebuah rumah di RT 03/04, nyaris roboh, sesaat setelah mengalami pergeseran tanah, sekitar pukul 11.30 WIB, Selasa (29/10/2019).

Tidak ada korban akibat pergeseran, namun rumah permanen milik Nesih yang dihuni lima anggota keluarga mengalami retak-retak pada bagian lantai dan dinding. Bahkan dinding belakng sudah ambruk, sementara sisi lain masih bisa ditopang tiang bambu.

Menurut Muhammad warga setempat yang menyaksikan kejadian menyebutkan, saat kejadian dinding rumah tersebut berbunyi seperti suara tembok roboh. “Pukul 11.30  ada suara retakan dinding disusul retakan lantai dan dinding belakang roboh,” kata Muhammad kepada masaginews.com. Selasa (29/10/19).

Dia bersama warga segera mengevakuasi anggota keluarga ke rumah terdekat dan berinisiatif menunjang dinding tembok lain agar ridak roboh.

“Semua anggota keluarga dan barang sudah kami selamatkan ke rumah terdekat,” ujar pengurus LPMD setempat itu.

Melihat kondisi disekitar lokasi, menurut dia, sudah tidak layak dijadikan pemukiman. Karena, pergerakan tanah diperkirakan akan terus terjadi, bahkan semakin melebar.

“Kami meminta kepada BPBD untuk segera turun dan merelokasi warga yang menghuni di wilayah itu, karena tidak memungkinkan untuk dibangun rumah lagi,” ucapnya. (Ricky)