Personel Balawista Sukabumi Nyaris Kehilangan Nyawa saat Selamatkan Wisatawan

M Rizal Jalaludin
Reporter Sukabumi Selatan

Kabupaten Sukabumi – Kecelakaan laut kembali terjadi di Pantai Karang Hawu Pelabuhanraru, Kabupaten Sukabumi, Selasa (11/6/201). Tim penyelamat kesulitan memberikan pertolongan, hingga nyaris tertelan air laut.

Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Saat itu, Tim dari Balawista akan membantu wisatawan, yakni Muhamad Topik Alpariji (17) asal Bogor yang terbawa arus ombak di area Karang Hawu.

Namun naas, saat Tim Balawista Kabupaten Sukabumi bernama Muksin (20) memberikan pertolongan, sempat kewalahan. Karena arus bawah laut yang sangat kencang hingga Muksin tersangkut di salah satu karang.

“Anggota Balawista tersangkut di karang selama setengah jam saat menolong korban tersebut,” kata Kepala Opersional dan SDM Balawista Kabupaten Sukabumi Asep Edom kepada Masaginews.com.

Beruntung, Muksin berhasil diselamatkan dari jepitan karang. Namun, korban harus menjalani perawatan lebih lanjut di RSUD Palabuhanratu, karena kondisi yang lemah dan sempat tak sadarkan diri.

“Sekarang sudah sadar dan dalam proses pemulihan,” ucap Asep.

Sementara untuk korban yang terseret ombak berhasil diselamatkan dan dalam keadaan aman.

Menurut Asep, kecelakaan laut yang terjadi di Pantai Karang Hawu, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, menjadi kecelakaan yang terberat. Karena, selain berbahaya, kondisi laut dilokasi cukup sulit.

“Laka laut kali ini menjadi satu laka laut yang paling berbahaya. Pasalnya laka laut terjadi di area karang yang membuat tim penyelamat dari Balawista kesulitan memberikan pertolongan,” ujarnya.

Padahal lanjut dia, sebelum korban terbawa arus, pihak Balawista sempat memberikan peringatan dan imbauan agar tidak berenang di area berbahaya. “Karena tidak digubris, akhirnya kejadian seperti ini,” tuturnya. (Ricky)