Plang Selamat Datang di Lembur Situ Roboh Ditiup Angin

Kota Sukabumi – Cuaca buruk melanda wilayah Kota Sukabumi khususnya di RW 06, Kelurahan/Kecamatan Lembursitu. Akibatnya, plang ucapan selamat datang berukuran 8 meter di tempat tersebut ambruk terhempaskan angin kencang, Kamis (28/11/2019).

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15:30 WIB, terjadi bersamaan dengan hujan deras.

“Plang ucapan selamat datang di Kampung KB Semarak Alam roboh terhempaskan sekitar beberapa meter dari tempatnya,” kata Zulkarkain kepada wartawan, Kamis (28/11/2019).

Zulkarnain menjelaskan, selain diakibatkan oleh faktor cuaca, plang tersebut ambruk lantaran teknis pemasangannya tidak terlalu kuat untuk menahan beban plang yang cukup berat.

“Hasil pemantauan ambruknya plang selain faktor hujan dan angin kencang
dikarenakan teknis, pipa plang terlalu kecil dan tipis sehingga mudah roboh,” jelasnya.

Zulkarnain mengungkapkan, plang tersebut jatuh ke badan jalan, namun tidak mengganggu arus lalu lintas, sebab kondisi jalan dalam keadaan sepi. Selain itu puing puing plang langsung ditangani pemerintah kelurahan setempat dibantu oleh warga sekitar tidak lama setelah ambruk.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, sementara plang yang terjauh sudah dibawa oleh pihak kelurahan. Sementara belum dipasang kembali,” pungkasnya. (Ricky)