Puluhan Rumah di Cicurug Diterjang Puting Beliung

Kabupaten Sukabumi – Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Cicurug Kabupaten Sukabumi. Akibatnya, puluhan rumah warga mengalami rusak berat, Rabu (11/12/2019) sore.

Tidak ada korban jiwa maupun luka, namun puluhan rumah terdampak, mulai dari rusak ringan hingga rusak berat tertimpa pohon tumbang.

Kerusakan terparah, terjadi di Kampung Ciutara, Desa Mekarsari, dan Kampung Bojongpereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cicurug, Danik Saputra mengatakan, berdasarkan laporan sementara kerusakan terparah ada di Kampung Ciutara perbatasan Desa Mekarsari dan Desa Nyangkowek. Tercatat empat rumah rusak berat, 10 rusak sedang dan 10 rusak ringan.

“Informasi sementara, barusan dua rumah tertimpa pohon durian dan pohon kluwih. Rumah atas nama Pak Sopian dan Pak Iding. Yang lainnya atapnya pada bocor berterbangan. Kemudian satu lagi ruko milik Pak Ismet,” kata Danik, Rabu sore.

Lanjut Danik, untuk kerusakan di Kampung Bojongpereng, Desa Nyangkowek, tercatat dua bangunan rusak berat. Di antaranya satu gudang limbah di RT 03/03 atas nama Dadin, serta satu warung yang masih milik Dadin tertimpa pohon alpukat.

“Di Desa Nyangkowek juga ada Posyandu yang terdampak. Taksiran kerugian ratusan juta rupiah. Sampai saat ini masih kita coba lakukan pendataan lebih lanjut,” lanjut Danik.

Saatbini, pihaknya beserta Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, Pemdes Mekarsari beserta sejumlah elemen lainnya masih melakukan assessment di lokasi.

“Pohon tumbang juga sedang dilakukan upaya evakuasi. Masyarakat sudah diimbau agar waspada,” pungkasnya. ***