Rumah Warga di Gunungguruh Sukabumi Jebol Disambar Petir

Kota Sukabumi – Sebuah rumah di Jalan Merbabu, RT 04/05, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungguruh, Kota Sukabumi, jebol tersambar petir, (6/12/2019). Akibatnya, beberapa perabotan rumah tangga hangus.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami mengatakan, petir menyambar rumah Dadang (44) sekitar pukul 15:30 WIB, bersamaan dengan hujan yang mengguyur Kota Sukabumi sejak siang hari.

“Sambaran petir itu menghantam ruangan kamar rumah milik Dadang, sehingga atapnya jebol dan menyebabkan rumah tersebut rusak ringan,” kata Zulkarkain, kepada wartawan, (6/12/2019).

Selain merusak atap, lanjut Zulkarnain, sambaran petir memercikkan bunga api, sehingga sebuah tempat tidur, peralatan elektronik serta dinding tembok diruangan tersebut hangus terbakar.

“Percikan bunga api dari petir membakar kasur dan dinding kamar. Selain itu satu unit televisi berukuran 21 inci juga rusak,” ujarnya.

Beruntung, kata Zulkarnain, saat terjadi sambaran petir tidak ada penghuni di dalam rumah, sehingga tidak ada korban. Meski begitu, pihaknya mengimbau masyarakat agar waspada terhadap bahaya petir.

Pihaknya juga berharap, warga untuk menggunakan Arcade atau grounding pada instalasi listrik terlebih saat ini sudah memasuki musim penghujan.

“Alat itu berguna sebagai pencegah terjadinya kontak antara makhluk hidup dengan tegangan listrik yang terekspos akibat terjadi kegagalan isolasi,” pungkasnya. ***