Tebing Longsor, Tiga Rumah Terancam di Cibadak Sukabumi

Irfan Rifaudin
Reporter Sukabumi Utara

Kabupaten Sukabumi – Tebing setinggi 10 meter yang berada di Kampung Ongkrak RT 02/03, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, longsor, Minggu sekitar pukul 02.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun tiga rumah yang di isi dua kelapa kelurga terancam tergerus.

keterangan yang berhasil dihimpun, sebelum kejadian, hujan deras terus menerus mengguyur wilayah Pamuruyan, Kecamatan Cibadak yang terjadi sejak sore.

Maman suherman (53), penjaga salah satu rumah mengatakan, saat terjadinya longsor, dia bersama keluarganya tengah menempati salah satu rumah tersebut. “Ini bukan rumah saya, tapi pemiliknya lagi tidak ada. Kebetulan saya menjaga rumah ini,” katanya.

Saat itu, kata Maman, hujan yang berkepanjangan dari sore hingga malam terus mengguyur wilayah tersebut. “Hujan deras dari sore sampe malem terus mengguyur. Tiba-tiba anak saya bilang, kalau belakang rumah mengalami longsor, pas saya lihat memang benar, ” ujarnya.

Atas kejadian tersebut, dirinya bersama warga lainnya langsung melaporkan peristiwa tersebut ke pihak RT setempat. “Karena saya takut terjadi apa-apa, saya bersama warga lainnya langsung laporan ke Pak RT,” katanya.

Kepala Desa Pamuruyan, Rudi Hardiansyah saat di temui wartawan mengatakan, dirnya bersama perangkat desa sudah mendata dan meĺaporkan kejadian tebing longsor yang mengakibatkan tiga rumah dua kepala keluarga terancam tergerus ini kepada pihak pihak berwajib.

“Ya betul tebing setinggi 10 meter dan lebar 10 meter longsor dini hari tadi, sehingga mengakibatkan tiga rumah 2 kepala keluarga terancam, kami selaku pemerintah desa bersama perangkat langsung mendata dan melaporkan kepada pihak berwajib,” ungkapnya. (*)