Tebing Setinggi 3 Meter Longsor, Timpa Rumah Warga di Sukabumi

Kabupaten Sukabumi – Sebuah rumah warga di Kampung Gentong RT 06/06 Desa Cikadu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, ambruk tertimpa longsor dari tembok penahan tanah, Rbu dini hari (25/12/2019).

Beruntung tidak ada korban jiwa, karena pemilik rumah Herdi (50) dan istrinya Eneh (45) berhasil menyelamatkan diri. Akibat ambruknya tebing membuat rumah semi permanen tersebut mengalami rusak berat.

“Tidak ada korban jiwa namun rumah warga mengalami rusak berat, hanya kerugian materil,” ujar Kapolsesk Palabuhanratu, AKP Oki Kartikayana.

Kapolsek menjelaskan, peristiwa ambruknya tebing setinggi kurang lebih 3 meter dengan lebar 2 meter,tersebut, terjadi disaat pemilik rumah tengah tertidur pulas.

Saat itu lanjut Oki, sebelum kejadian, pemilik rumah sempat terbangun dan menyalakan obat nyamuk di ruangan tengah. Namun tiba-tiba tembok beton yang berada di belakang rumah ambruk dan mengenai kamar yang didalamnya ada istrinya yang sedang tidur.

“Pak Herdi ini sempat tertindih kayu atap dan sang istri tertindih lemari, lalu pak Herdi meminta pertolongan kepada warga, dan warga yang berada sekitar lokasi membantu untuk mengevakuasi korban yang masih berada di dalam rumah. Beruntung, korban berhasil di selamatkan oleh warga,” terangnya.

Kondisi rumah yang ambruk akibat longsoran tanah, warga langsung membantu membersihkan puing-puing yang tertimpa tanah longsor. Selain itu, mengamankan barang-barang yang masih bisa di pergunakan.

“Saat ini anggota dilapangan masih melakukan kordinasi dengan unsur lainya untuk penanganan korban selanjutnya,” pungkasnya. ***