Selasa, Agustus 21, 2018
Home > Peristiwa > Hukum & Kriminal > Polisi Gadungan Pura-Pura Razia, Motor Warga Dibawa Kabur

Polisi Gadungan Pura-Pura Razia, Motor Warga Dibawa Kabur

Masaginews.com – Dua orang pelaku penipuan dan penggelapan berinisial LR dan SF dibekuk aparat kepolisian Polres Sukabumi Kota, Rabu (18/4). Mereka menjalankan aksinya dengan menjadi polisi gadungan yang berpura-pura tengah menggelar razia kendaraan bermotor. Ujung-ujungnya mereka membawa kabur motor warga.

Entah brapa banyak kendaraan roda dua milik warga yang telah berhasil mereka rampas. Namun yang pasti, kedua polisi gadungan tersebut sudah menjalankan aksinya sejak 2017 silam. Tidak menutup kemungkinan bukan hanya di Sukabumi saja, bisa jadi kedua pelaku melakukan tindakan yang sama di daerah lainn.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro mengakui bahwa tindak kejahatan yang dilakukan oleh kedua pelaku telah berlangsung sejak tahun 2017. Sepanjang itu mereka diketahui telah beroperasi sebanyak enam kali, hanya di wilayah Sukabumi.

Modusnya cukup sederhana, pelaku menyamar jadi anggota polisi yang sedang melakukan razia. Dalam aksinya mereka berpura-pura melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan motor warga yang tengah melintas.¬† “Korban dan motornya seolah-olah mau dibawa ke kantor polisi, namun ditengah jalan korban ditinggalkan begitu saja, sementara motor serta barang berharga lainnya dibawa kabur pelaku,” katanya.

Dari pengungkapan ini polisi berhasil mengamankan barang bukti sepeda motor, handphone, 1 unit pistol airgun dan 1 buah korek api berbentuk pistol serta perlengkapan kepolisian yang kerap digunakannya dalam menjalankan aksi kejahatan.

Susatyo menghimbau agar masyarakat tidak mudah percaya apabila melihat adanya kejanggalan pada pihak yang mengaku sebagai anggota kepolisian. “Caranya warga bisa tanyakan identitas dan surat perintahnya,” tegas Susatyo. Dalam kasus ini pelaku dikenakan pasal 378 KUHPidana dan atau pasal 372 KUHPidana tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman pidana penjara 4 tahun. (Budi Setiawan)

REKOMENDASI:

Chinese Kaifeng Jews Seek New Lives in Israel Praesent metus tellus, elementum eu, semper a, adipiscing nec, purus. Cras risus ipsum, faucibus ut, ullamcorper id, varius ac, leo. Suspendisse feugiat. Suspendisse enim turpis, dictum sed, iaculis a, condimentum nec,...
Sedang Asyik Ngeganja, Pengedar Narkoba Diciduk Polisi Sukabumi Kabupaten Sukabumi  - Sedang asyik ngeganja seorang pengangguran berinisial FT alias Isal (26) warga Kampung Gunungsumping, RT 002/015, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi diciduk polisi di dalam ka...
Pegawai Dishub Sukabumi Alami Patah Tulang Tertimpa Pohon Besar Masaginews.com - Bencana angin puting beliung yang menerjang sebagian wilayah Kecamatan palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat sore (13/4), telah menimbulkan korban luka. Seorang petugas Dinas Perhubungan (Dishub) K...
KAPOLRES SUKABUMI MELAKUKAN Pengecekan Kendaraan Dinas Kesiapan Mengha... Pada Hari ini Senin 12 Juni 2017 pukul 09.00 WIB dilaksanakan Pengecekan Kendaraan Dinas Polres Sukabumi Dalam Rangka Kesiapan Menghadapi Ops Ramadniya Lodaya 2017. Kegiatan ini meliputi Pemeriksaan Randis R4 Polres dan...