Banyak yang Rusak, KPU Kota Sukabumi Kekurangan Surat Suara Pilpres

Kota Sukabumi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi kekurangan 551 lembar surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019. Kekurangan surat suara tersebut terjadi karena banyaknya surat suara yang rusak.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Sukabumi Sri Utami, menyebutkan, kerusakan diakibatkan berbagai faktor. Mulai dari cetakan yang tidak jelas atau buram, sobek, lembar belakang kosong dan  warna bergradasi, hingga tidak terlihat jelas. Selain itu ada pula surat suara yang terdapat bercak tinta di salah satu kolom paslon.

“Karena rusak dan kurang jumlahnya saat pengiriman sebanyak 484, kemudian berdasarkan bukti tanda terima barang (BTTB) surat suara yang diterimapun  berkurang sebanyak 67 surat suara. Jadi totalnya kurangnya sejumlah 551 surat suara. Cukup banyak,” Tutur Sri saat dihubungi melalui pesan Whatsapp

Semua surat suara yang rusak tersebut, kata Sri disimpan di ruang berbeda. Sri memastikan seluruh surat suara itupun diawasi oleh petugas kepolisian.

“Surat suara yang rusak diamankan diruangan dalam pengawasan polisi dan petugasKPU,” Ujarnya.

Hingga kini KPU setempat masih menunggu petunjuk dari KPU RI terkait kekurangannya dan masih menunggu jadwal pengiriman berikutnya.

Reporter: M. Rizky
Redaktur: Agung Sugiharto