Bawaslu Catat 10 Pelanggaran di Kabupaten Sukabumi

Irfan Rifaudin
Reporter Sukabumi Utara

Kabupaten Sukabumi – Sejak dimulainya masa kampanye pada 23 September 2018 lalu hingga saat ini, Bawaslu Kabupaten Sukabumi sudah menindak sedikitnya 10 pelanggaran yang dilakukan oleh oknum parpol dan kepala desa.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Teguh Hariyanto yang dihubungi melalui sambungan telepon pada Senin (1/4). Seluruh pelanggaran tersebut sudah diproses dan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memberikan sanksi.

“Dari 10 pelanggaran yang sudah terdaftar sesuai registrasi diantaranya adalah empat kasus APK diluar zonasi, satu pengrusakan APK, satu pelanggaran kode etik dan tiga lainnya adalah kasus kades,” jabarnya.

Sementara satu kasus lainnya adalah pengrusakan APK namun tidak teregistrasi. Namun pihaknya akan terus melakukan pengawasan secara intensif di beberapa wilayah hingga batas waktu yang ditentukan.

Menyoal kasus keterkaitan kades yang melakukan kampanye untuk mendukung salah satu pasangan Capres-Cawapres, pihaknya telah menyerahkannya ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) Kabupaten Sukabumi dan kasusnya dihentikan karena tidak adanya saksi yang bisa dimintai keterangan.

Selanjutnya, bekerjasama dengan Polri dan TNI, pihaknya terus berupaya mengantisipasi adanya gesekan antarsimpatisan. Tak hanya pengawasan secara langsung dilapangan, pihaknya juga melakukan pengawasan di medsos terkait adanya hoax dan ujaran kebencian. (Ari)