Bawaslu Jabar Awasi Ketat Perbaikan DPT Cantumkan WNA

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jabar Zaki Hilmi (Irfan R/Masaginews.com)

Kabupaten Sukabumi – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat menyoroti adanya warga negara asing yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu April 2019 mendatang.

“Saat ini kami sedang pantau proses perbaikannya DPT tersebut khususnya di Cianjur yang ditemukan adanya WNA masuk daftar pemilih,” kata Divisi Pengawasan Bawaslu Jabar Zaky Hilmy saat berkunjung ke Sekretariat KPU Kabupaten Sukabumi, Kamis.

Menurutnya, kasus masuknya WNA ke DPT ini menjadi perhatian utama pihaknya karena dikhawatirkan menjadi polemok dan masalah ke depannya. Bahkan tidak menutup kemungkinan kasus ini menjadi sengketa politik.

Tidak hanya di Cianjur, di Kabupaten Ciamis pun ditemukan adanya WNA yang masuk DPT. Maka dari itu, pihaknya mengimbau kepada Komisi Pemilihan Umum setempat untuk melakukan perbaikan lagi dan lebih teliti dalam memasukna DPT. Sebab adanya WNA masuk ke DPT menjadi polemik dan sudah jelas tidak boleh berpolitik baik dipilih maupun memilih.

Sementara untuk kasus WNA masuk DPT di Cianjur sudah diselesaikan, namun Ciamis masih dalam proses. Lanjut dia, kasus WNA masuk DPT ini harus ditelusuri dahulu apakah kesalahan saat pengimputan data pemilih, atau mulai dari Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4).

Namun yang pasti kasus ini di Jabar relatif kecil hanya lima orang saja. “Mungkin kesalahan ada pada DP4 atau sistem informasi data pemilih (sidalih) serta kelemahan KTP WNA dan WNI hanya di kewarganegaraan saja tidak ada pembedaan khusus” paparnya.

Reporter : Irfan Rifaudin
Editor     : T Kamajaya