Bawaslu Kota Sukabumi Agendakan SKPP Gelombang Dua

Bawaslu Kota Sukabumi Agendakan SKPP Gelombang Dua

Kota Sukabumi –  Agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Sukabumi, rencananya akan dilaksanakan tahun 2024 mendatang. Namun, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi akan terus melakukan sosialisasi, salah satunya melalui Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP).

“Tahun depan tidak ada pelaksanaan Pilkada, makanya kita lakukan sosialisasi. Salah satunya lewat SKPP,” ujar Ketua Bawaslu Kota Sukabumi Ending Muhidin.

Setelah sukses menggelar SKPP gelombang pertama di tahun 2019 ini. Bawaslu Kota Sukabumi akan mengagendakan gelombang ke dua di tahun 2020 mendatang.  “Insya Allah Januari 2020 akan ada gelombang ke dua dan berikutnya,” ucapnya.

Nantinya, Kader SKPP akan menjadi tim relawan. Artinya tidak masuk dalam stuktural kelembagaan Bawaslu. Namun, dengan diikutsertakan dalam SKPP mereka akan membatu pengawasan Pemilu dengan sepenuh jiwa. “Jadi mereka akan sepenuh hati rela membantu Bawaslu dalam pengawasan,” katanya.

Ending berharap, keberadaan SKPP dapat meningkatkan jumlah relawan. Termasuk peran masyarakat dalam hal pengawasan. “Meskipun tidsk masuk lembaga formal, tapu jiwanya terpanggil untuk mengawasi,” pungkasnya. ***