Bawaslu Terus Telusuri Penyebaran Hoax di Kota Sukabumi

M Rizky
Reporter Kota Sukabumi

Kota Sukabumi – Dalam masa pesta demokrasi tahun ini, Jawa Barat disebut-sebut sebagai wilayah yang menjadi penyebar hoax terbesar se-Indonesia. Namun meski demikian, Kota Sukabumi belum teridentifikasi adanya penyebaran hoax melalui media sosial.

Menurut penelusuran yang dilakukan Bawaslu bekerjasama dengan Kominfo menemukan beberapa penyebaran hoax dan ujaran kebencian di daerah Karawang, Bogor dan Kuningan.

Ketua Bawaslu Kota Sukabumi, Ending Muhidin mengatakan, di Kota Sukabumi belum teridentifikasi adanya kasus penyebaran hoax, sebab Bawaslu juga belum menemukan pihak-pihak manakah yang menjadi penyebar hoax.

“Untuk patroli cyber, kami limpahkan ke pihak kepolisian. Namun jika ada laporan dari masyarakat yang menemukan adanya berita hoax di media sosial kami juga tidak akan segan-segan untuk menindaklanjutinya,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Jabar, Zaki Hilmi akan terus melakukan pemantauan berbagai macam informasi hoax, mengandung ujaran kebencian dan segala hal yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

“Melalui indikasi konsumsi dan sebaran terbesar di wilayah Jawa Barat, akan kami telusuri lebih lanjut terkait adanya hoax dan ujaran kebencian,” pungkasnya. (Ari)