Di Sukabumi, Partai Berkarya Bidik Usaha Ekonomi Kerakyatan

Kabupaten Sukabumi – Melanjutkan safari politiknya ke beberapa kecamatan di Sukabumi, Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra, biasa disapa Tommy Soeharto itu juga menggelar pertemuan dengan para petani di Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Minggu (24/03) sore.

Selama 21 tahun masa reformasi, Tommy merasa tidak tahu kapan Indonesia menjadi negara yang maju, yaitu negara yang agraris yang kuat dan didukung oleh sektor industri yang tangguh. “Tapi kita sekarang selalu bergantung pada negara asing, asing dan asing lagi,” tandasnya.

Dia menilai, kebijakan-kebijakan nasional itu harus diubah yang lebih pro rakyat. Demikian juga kondisi rakyat di pedesaan, Tommy menyebut tidak lebih baik kesejahteraannya dari era sebelumnya.

“Ekonomi kerakyatan yang kita junjung, ekonomi kerakyatan itu yang berbasis dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Apa yang dilakukan oleh masyarakat dipedesaan itu, ya itulah yang akan kita bina dan kita kembangkan supaya lebih baik hasilnya,” urai Tommy.

Dia mencontohkan, para petani mentimum bagaimana bisa mendapatkan bibit yang  unggul dan teknis tanam yang baik sehingga biaya produksi yang lebih murah. “Mereka (petani) juga tidak mengandalkan pemasarannya pada tengkulak.

Selain itu, kata putra bungsu Presiden Kedua RI ini, kredit usaha tani (KUR) harus aktifkan kembali yang dulu penyalurannya melalui koperasi unit desa. “Saat ini bisa dari dana desa yang dikelola Bumdes (badan usaha milik desa) dalam usaha simpan pinjam dan kredit usaha tani,” katanya.

Reporter: Irfan Rifaudin
Editor: Agung Sugiharto