Gakumdu Sukabumi Hentikan Penyelidikan Dugaan Pelanggaran Pemilu Kades Dukung Capres

Irfan Rifaudin
Reporter Sukabumi Utara

Kabupaten Sukabumi – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) menghentikan proses dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan sejumlah kepala desa di Kabupaten Sukabumi yang melakukan deklarasi kepada salah satu pasangan calon presiden.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Teguh Hariyanto mengatakan pihaknya sudah memproses kasus temuan beredarnya video dukungan para kades tersebut bersama kejaksaan dan kepolisian.

“Kami di sini sudah kerja nyata dengan kejaksaan dan kepolisian. Berdasarkan kajian bersama kita tidak bisa melanjutkan kasus itu,” kata Teguh didampingi Kasi Pidum Kejari Kabupaten Sukabumi Yeriza Adhitya dan Kasatreskrim Polres Sukabumi AKP Yadi Kusyadi, kepada wartawan.

Adapun yang menjadi keputusan penyidik Sentra Gakkumdu yakni kesulitan saksi. Sehingga disimpulkan kasus itu cacat hukum karena  materilnya tak terpenuhi. Bahkan penghentian proses itu sudah mengacu kepada aturan yang ada.

Dikabarkan sebelumnya, video yang beredar di jejaring media sosial itu berdurasi 29 detik terlihat diduga para kades berdeklarasi sambil berdiri mendukung salah satu pasangan capres. Dalam video tersebut kades tersebut berasal dari Warungkiara dan Bantargadung. (Dit)