Jelang Pemilu 2019, Bawaslu Jabar Temukan 18 Pelanggaran di Kota Sukabumi

Kota Sukabumi – Jelang Pemilu 2019 mendatang, Bawaslu Provinsi Jawa Barat hingga kini telah menangani sebanyak 18 kasus pelanggaran kampanye di Kota Sukabumi.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Jabar, Yulianto mengatakan pelanggaran kampanye yang ditanganinya didominasi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga Kepala Daerah yang berada di Provinsi Jawa Barat.

“Jumlah pelanggaran di Kota Sukabumi sebanyak 18 kasus. Namun untuk di wilayah Jabar belum bisa dipastikan jumlahnya karena masih dalam proses pembacaan putusan,” jelasnya saat ditemui di acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bagi Kaum Perempuan di salah satu hotel di Kota Sukabumi.

Sementara untuk jenis pelanggaran yang ditangani diantaranya adalah money politik, pembagian barang dan uang. Namun pihaknya sudah melakukan pencegahan agar tidak terjadi lagi kasus serupa.

Pihaknya melarang kampanye menggunakan fasilitas pemerintah dan dilakukan disaat jam kerja atau diluar cuti.

“Hal-hal semacam itu dilarang karena berpotensi melakukan pelanggaran dan memberikan pendidikan politik yang tidak baik bagi masyarakat,” tandasnya.

Reporter: M. Rizky
Editor: Ari Wahyuni