KPU Kabupaten Sukabumi Gelar Simulasi Real Count

M Rizal Jalaludin
Reporter Sukabumi Selatan

Kabupaten Sukabumi – KPU Kabupaten Sukabumi menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS 11 zona nelayan Kabupaten Sukabumi pada Pemilu tahun ini di Kampung Pajagan RT 02 RW 07 Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Dalam simulasi kali ini, KPU membagi tiga segmen, yaitu segmen perkotaan, marginal dan segmen nelayan. “Sementara untuk di Kabupaten Sukabumi, KPU hanya menggelar simulasi di segmen nelayan,” ujar Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Ferry Gustaman saat menggelar simulasi di Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Sebelum pelaksanaan, panitia  menjelaskan kepada para pemilih mengenai warna kertas surat suara pada Pemilu 2019. Diketahui kertas surat suara warna abu-abu untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, warna kuning DPR RI, warna merah DPD RI, warna biru DPRD Provinsi, warna hijau DPRD Kabupaten/Kota.

Dia menjelaskan, pihaknya melaksanakan simulasi tersebut bertujuan mensosialisasikan tata cara pencoblosan secara riil, serta mengetahui jangka waktu riil ketika proses pemungutan dan penghitungan suara per TPS yang bisa menjadi acuan pada saat pemungutan suara nanti.

“Kami bisa menghitung waktu riilnya ketika proses pemungutan dan  penghitungan suara per TPS. Tiap pemilih memerlukan waktu rata-rata lima menit. Tinggal dikali jumlah 250 pemilih yang ada di TPS ini,” jelasnya.

Salah seorang peserta simulasi, Feni (29) mengaku tidak kesulitan saat melakukan pencoblosan, dia meyakini warga lainnya pun bisa melakukannya karena sebelumnya ia telah diberikan sosialisasi mengenai warna kertas suara Pemilu 2019.

“Tidak sulit, semuanya mudah karena sudah dikasih tahu warna kertas suaranya, yang warna abu itu presiden sama yang lainnya juga tahu,” tandasnya. (Ags)