KPU Kota Sukabumi Lakukan Pemungutan Suara Warga Baros

M Rizky
Reporter Kota Sukabumi

Kota Sukabumi – Untuk mengukur kesiapan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), KPU Kota Sukabumi melakukan simulasi pungut hitung di Kecamatan Baros, Kota Sukabumi pada Sabtu (30/03).

Dalam simulasi ini, dari mulai proses pendaftaran, pencoblosan dan penghitungannya sudah disesuaikan dengan kondisi Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pelaksanaan Pemilu 17 April mendatang.

Komisioner KPU Kota Sukabumi, Agung Dugaswara mengatakan kegiatan tersebut dilakukan termasuk untuk pemetaan masalah yang mungkin terjadi di TPS dan menguji kemampuan pemilih dalam memberikan suaranya berdasarkan waktu memilihnya.

“Intinya untuk mengukur kesiapan dan pemetaan masalah yang kemungkinan terjadi. Kami juga menghitung waktu setiap prosesnya dari mulai datang hingga mencoblos untuk mengetahui waktu rata-rata yang diperlukan saat memilih,” jelasnya.

Simulasi ini melibatkan masyarakat yang memiliki hak pilih dan petugas KPPS nya secara langsung. Dengan demikian diharapkan petugas KPPS memiliki gambaran agar tidak lagi terkendala saat waktu pelaksanaannya tiba.

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Vivid (40) mengaku terbantu dengan adanya simulasi ini karena memberikan informasi secara langsung tentang tatacara dan sistem pencoblosan Pemilu mendatang.

“Awalnya bingung dengan proses pencoblosannya. Tapi dengan adanya simulasi seperti ini jadi sudah ada gambaran,” pungkasnya. (Ari)