Satu Kontainer Surat Suara Pileg Masuk Kota Sukabumi

Avatar
Editor

Kota Sukabumi – Ribuan lembar surat suara Pemilu 2019 yang diangkut sebuah kontainer serta satu unit mobil boks, Kamis (14/3/2019), masuk ke wilayah Kota Sukabumi.

Seluruh logistik tersebut langsung disimpan ke dalam sebuah gudang milik KPU yang berlokasi di Jalan Cemerlang Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong.

Menurut Ketua KPU Kota Sukabumi Sri Utami, ribuan surat suara yang saat ini tengah dalam penjagaan ketat aparat kepolisian itu merupakan logistik yang akan digunakan untuk pemilihan legislatif (Pileg) 2019.

Jumlah seluruhnya mencapai 715,037 lembar yang terdiri dari surat suara untuk pemilihan calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan surat suara untuk legislatif DPRD Kota.

Surat suara untuk masing-masing tingkatan legislatif tersebut berjumlah 237.345 lembar. Diluar itu, sebanyak 3.000 lembar sisa surat suara lainnya akan digunakan sebagai cadangan.

“Hari ini kami menerima kiriman 715.037 lembar surat suara untuk pemilu legislatif. Sebelumnya logistik yang telah lebih dahulu tiba di Kota Sukabumi adalah surat suara untuk Pilpres,” jelas Sri Utami.

Dia mengaku sejauh ini kelembagaanya belum bisa memastikan jumlah logistik yang diterima tersebut sesuai dengan data Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) 2 ditambah 2 % untuk surat suara cadangan. “Nanti akan dipastikan terlebih dahulu. Kalau jumlah surat suara itu kurang dari data DPTHP 2, maka kami akan ajukan lagi ” katanya.

Setelah kedatangan ribuan surat suara ini, maka KPU yang membidangi logistik akan melakukan rapat koordinasi dengan para petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Agenda utama rapat tersebut adalah untuk menentukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara. “Untuk tenaga sortir dan lipat surat suara pileg ini jumlahnya akan 2 kali lipat lebih banyak dari proses sorit surat suara pilpres,” kata Sri. (*)

Reporter : M Rizky
Editor      : T Kamajaya