Bahaya Penggunaan Gadget, Anak Menjadi Hyperaktif

Masaginews.com – Orangtua yang sudah memiliki buah hati selain harus memperhatikan pertumbuhan anak alangkah baiknya jika dibarengi memperhatikan perkembangan anak.

Salah satunya dengan mendeteksi dini tumbuh kembang anak. Seiring perkembangan teknologi, anak-anak sudah terbiasa menggunakan gadget untuk bermain game.

Padahal tanpa disadari, hal tersebut merupakan salah satu pemicu penghambat perkembangan anak. Hal tersebut diungkapkan oleh Psikolog Anak Rumah Sakit Hermina Sukabumi, Sondang.

“Di era kemajuan teknologi ini banyak anak yang usianya masih dini bahkan balita sudah menggunakan gadget untuk main game, orangtua mungkin tidak menyadari akibat aktivitas bermain game tersebut bisa memicu agresifitas yang dikarenakan ketidak seimbangan emosi anak akibat terdoktri game tersebut,” jelasnya kepada masaginews.com.

Pihaknya juga menyebutkan bahwa hal yang mempengaruhi ketidakseimbangan emosi anak tersebut dikhawatirkan menjadi pemicu gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) atau seringkali disebut sebagai pemusatan perhatian dan konsentrasi.

Gangguan ADHD ini membuat anak-anak berperilaku tidak lazim, hiperaktif dan berlebihan. Tanda-tanda yang sering muncul diantaranya adalah perasaan yang gelisah, tidak bisa diam, dan tidak bisa duduk dengan tenang.

Untuk itu, ia menekankan pola asuh dari orangtua yang tepat sejak dini adalah cara pencegahan yang terbaik. Dimulai dari komunikasi di lingkup keluarga yang baik hingga batasan-batasan dalam menggunakan gadget sesuai dengan usia anak. (Ari Wahyuni)