Delapan Fakta Tentang Uang Dolar Amerika Yang Tidak Banyak Diketahui

Masaginews.com – Uang. Itu membuat dunia berputar, bahkan membuat sebagian besar dari kita sangat menderita dalam prosesnya mendapatkannya. Akhir-akhir ini, angka yang tercantum pada rekening anda, kian menyusut . Tapi pernahkah kamu berhenti memikirkan betapa anehnya uang itu?

Ingin tahu apa yang lebih aneh? adalah mata uang dolar Amerika. Banyak cerita akan hal yang berkaitan dengan mata uang yang satu ini. Setidaknya terdapat 8 fakta tentang uang dolar Amerika yang mungkin tidak pernah Anda diketahui.

1. Satu Dolar
Untuk membuat uang senilai 1 dolar, ternyata dibutuhkan biaya yang cukup tinggi. Besaran biaya yang dikeluarkan untuk pencetakan uang sebasar 1 dolar, lebih tinggi dibandingkan  nilai uang yang dibuatnya.

2. Biaya hidup
Kehidupan masyarakat Amerika selama ini  lebih cenderung berbau kemewahan. Namun dibalik itu, dketahui ternyata lebih dari 2 juta orang Amerika bertahan hidup hanya dengan uang senilai $ 2 per hari atau setara Rp28.000.

3. Percetakan Dolar
Perusahaan yang bertugas untuk mencetak uang dolar yakni Bureau of Engraving and Printing menggunakan sebanyak 9.7 ton tinta setiap harinya untuk melakukan pencetakan uang.

4. Perputaran Uang Dolar
Sangat mengejutkan, perputaran uang terbesar di Negeri Paman Sam ini terjadi pada praktik perjudian. Bisnis ini mampu  menghasilkan lebih banyak uang setiap tahun daripada film, pertunjukan olahraga, tiket taman hiburan, kapal pesiar dan gabungan musik rekaman.

5. Tercemar Bakteri
Perlu diwaspadai, bahkan bagi masyarakat Amarika, mencuci tangan setelah memegang uang adalah keharusan. Pasalnya sekitar 95 persen dari uang yang beredar, diyakini benar-benar tertutup atau tercemar bakteri.

6. Daya Tahan Uang Dolar
Ini kehebatan yang dimiliki uang dolar Amerika. Hampir setiap lembaran uang dolar itu bisa bertahan sampai 800.000 kali lipatan sebelum akhirnya robek akibat penggunaan.

7. Kokain Pada Uang
Siapa sangka, uang yang tersimpan di dalam dompet, kemungkinan besar terdapat kokain di atasnya. Ya, di negara adidaya tersebut diperkirakan 90 persen dari uang yang beredar memiliki jejak bubuk putih.

8. Dolar Dimakan Tikus
Pablo Escobar adalah seorang gembong narkoba asal Kolombia. Pada puncak kariernya, pendapatan pribadi mencapai US $21,9 miliar setahun. Namun Pablo Escobar faktanya pernah kehilangan $ 10 Miliar akibat dimakan tikus yang lapar. (*)