Delapan Tanda Pada Kuku Yang Menunjukan Tentang Kesehatan Anda

Masaginews.com – Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kuku Anda begitu rapuh, kuning, atau tidak berwarna? Meskipun Anda mungkin tidak mengetahuinya, gejala yang tampaknya tidak berbahaya ini mungkin menunjukkan Anda memiliki beberapa masalah kesehatan yang mendasar.

Menurut John Anthony, MD, seorang dokter kulit di Cleveland Clinic di Ohio dan Debra Jaliman, MD, dermatolog berbasis di New York City dan penulis “Skin Rules,” adanya gejala tertentu pada kuku, tidak boleh diabaikan.

Seperti dilansir dari providr.com, Inilah delapan kondisi kuku yang berbeda yang memberi sinyal tentang kesehatan Anda :

1. Kuku Kuning
Menurut WebMD, salah satu penyebab paling umum dari kuku kuning adalah infeksi jamur. Tetapi dalam kasus yang jarang, mereka juga mengatakan bahwa itu dapat menunjukkan kondisi yang lebih serius seperti diabetes, penyakit tiroid, atau penyakit paru-paru. Merokok juga bisa menodai kuku-kuku kuning.

2. Kuku Retak atau Rapuh
Dr. Jailman mengatakan kuku yang retak atau rapuh bisa menjadi tanda bahwa lempengan kuku sangat kering. Kondisi ini juga dikaitkan dengan penyakit tiroid. Hypothyroidism kadang-kadang menyebabkan efek samping ini juga.

3. Kuku Berbintik-bintik
Menurut MedicineNet, pitting kuku disebabkan oleh perkembangan lapisan plat kuku yang cacat, dan ini umum terjadi pada mereka yang menderita psoriasis.

4. Kuku Bergerigi
Dr. Anthony menjelaskan bahwa alasan orang akan melihat tonjolan horizontal pada kuku mereka adalah mungkin ada trauma langsung pada kuku, atau bisa juga menjadi penyebab penyakit yang lebih serius, dalam hal ini Anda akan melihatnya lebih dari satu paku. Itu karena tubuh memfokuskan energinya untuk melawan penyakit daripada paku.

5. Garis Warna atau Gelap Di bawahnya
Menurut WebMD, perubahan warna atau garis gelap pada kuku kadang-kadang dapat disebabkan oleh melanoma, jenis kanker kulit yang paling berbahaya. Melanoma juga dapat menyebabkan garis atau garis hitam pada kuku. Sangat penting untuk mengunjungi dokter Anda sesegera mungkin jika Anda memperhatikan hal ini.

6. Kuku Digigit
Medical Daily, Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM) American Psychiatric Association mengklasifikasikan menggigit kuku sebagai salah satu gejala gangguan obsesif-kompulsif. Jika ini menjadi berlebihan, Anda harus mengunjungi dokter Anda.

7. Kuku kebiruan
WebMD menjelaskan bahwa ketika kuku Anda menjadi kebiru-biruan, itu adalah tanda bahwa tubuh mungkin tidak mendapatkan cukup oksigen. Masalah paru-paru dan masalah jantung adalah salah satu penyebab yang mungkin.

8. Bintik Putih
Beberapa orang secara keliru menyimpulkan bahwa bintik-bintik putih pada kuku berarti kekurangan kalsium, tetapi Dr. Anthony mengatakan bahwa mereka sering merupakan hasil dari trauma seperti memukul jari Anda terhadap sesuatu. (*)